Sunday, June 14, 2015

Dopamine, si Hunter

Sunday, June 14, 2015
Apa itu Dopamin?

Dopamin adalah hormon dan neurotransmitter. Meskipun jumlah Dopaminergic neurons terbilang sedikit jika dibandingkan dengan yang lain – totalny kira-kira 400,000 didalam otak- tapi dopamin memainkan peranan yang sangat penting didalam otak maupun tubuh. Di dalam otak dopamin berperan sangat penting dalam kontrol motorik, motifasi, arousal, kemampuan kognitif dan reward, begitu juga perannya dalam fungsi yang lebih rendah seperti kepuasan seksual, dll.
Ada 7 tempat Dopaminergic neurons di dalam otak, tapi disini akan dibatasi hanya pada dua tempat ~hanya yang berhubungan dengan bahasan pornography~ yaitu di Substantia Nigra dan Ventral Tegmental Area.
Gambar
A.    Subtansia Nigra dan Kontrol motorik

Substantia Nigra merupakan komponen dari basal ganglia. Penjelasan yang tepat untuk peran dopamin di daerah ini masih belum ada, tapi satu kalimat yang populer adalah sebagai “Response Selection”.  Teorinya adalah ketika orang atau hewan dihadapakan pada sebuah situasi dengan beberapa pilihan aksi, aktifitas basal ganglia yang akan menentukan aksi mana yang akan diksekusi. Seperti gambar disamping, ketika ada pembullyan dan pilihannya aksinya ada tiga macam. Basal gangglia yang menentukan aksi mana yang akan diekskusi. Tapi peran disini hanya terbatas sebagai inisiai, bukan detail bagaimana aksi tersebut akan dilakukan.
Dopamin diperkirakan mengatur response selection dalam dua cara
1.      Effort Thereshold:
dopamin desini berpereran sebagai takaran seberapa banyak usaha yang dibutuhkan untuk memicu sebuah kebiasaan (aksi) tertentu. Semakin tinggi aktivitas dopamin pada sebuah kebiasaan, maka semakin mudah kebiasan tersebut akan diekskusi.
2.      Teaching” Signal:
ketika respon motorik setelahnya diikuti aktifitas dopamin yang tinggi, maka basal ganglia diubah sehingga dalam kondisi yang mirip, respon (aksi) tersebut akan lebih mudah dipicu. Cara ini merupakan salah satu bentuk peran dopamin dalam reward sistem ~akan dijelaskan dibawah.

B.     Ventral Tegmental Area (VTA)
Dopamin di dalam ventral tegmental area diproyeksikan ke banyak tempat, tapi proyeksi terbesar adalah ke nucleus accumbens dan prefrontal cortex, ini otomatis, artinya area-area tersebut ‘pasti’ akan menerima dopamin dari aktivitas VTA. Peran dopamin dalam area ini dibagi menjadi dua peran besar, yaitu Reward dan kemampuan kognitif
1.      Reward
Reward adalah pembangkit rangsangan yang diberikan kepada manusia atau hewan untuk mengubah kebiasaannya. Reward biasanya bertindak sebagai penguat (reinforcement), membuat kebiasan (aksi) tersebut kemungkinan terjadinya di masa datang lebih besar. “kita akan melakukan seseuatu untuk mendapatkannya, seeking”. Reward biasanya diberikan setelah melakukan hubungan intim, makan, dll.
Dopamin di VTA sangat berhubungan erat dengan sistem reward ini, tapi masih dalam perdebatan apakah dopamin reward itu sendiri atau hanya salah satu bagian dari sistem reward, tapi ini kita skip saja.
Ada bukti nyata bahwa dopamin bukan sebagai reward itu sendiri tapi lebih ke reward prediction error. Jadi menurut hipotesis ini, reward yang diharapkan (seharusnya) tidak akan menimbulkan peningkatan atau pengurangan aktifitas pelepasan dopamin, sedangkan reward yang melebihi dari yang diharapkan akan melepaskan dopamin yang banyak dalam waktu yang singkat, begitu juga sebaliknya.  Contoh kasus misalkan; aku jalan-jalan pagi dengan harapan hanya agar tubuh sehat, tapi tiba-tiba ada cewek cantik menembakku, mata lebar berkaca-kacanya, bau parfumnya yang mengalahkan bau apek bajuku yang sudah satu minggu tidak dicuci, Ini benar-benar diluar skenario. Jadi apa yang terjadi dengan pelepasan dopaminku? Sangat jelas, pelepasan dopaminku jauh dibawah kadar biasanya. sial, cewek ini ganggu jalan-jalan pagi aja. :3
2.      Kemampuan Kognitif
Peran dopamin disini merupakan proyeksinya ke daerah prefrontal cortex,  tapi jika pelepasasn dopamin terlalu banyak atau terlalu sedikit, ini akan membuat kemampuan cognitif rusak.

/* Sumber utama adalah wiki.. wkwkwkwk


No comments:

Dimensi Tak Hingga © 2014